Ingin Memakai Tali Manila, Ketahui Kekurangannya Berikut Ini

Ingin Memakai Tali Manila, Ketahui Kekurangannya Berikut Ini

Ingin Memakai Tali Manila, Ketahui Kekurangannya Berikut Ini

Tali manila yang sudah Anda kenal menjadi salah satu media tambat atau alat pembantu di bidang industri, memang memberikan fungsi sesuai kegunaannya. Namun jenis tali yang berbahan serat alami ini memang tidak sekuat yang Anda perkirakan selama ini. Karena dari setiap pengaplikasian tali tambang manapun tentu yang lebih utama diperhatikan adalah segi kegunaan dan efek yang ditimbulkannya.

Sebenarnya tali ini sudah dikenal lebih dulu oleh Negara Filipina karena memang aslinya dari sana. Terbuat dari serat pohon abaca yang hanya digunakan sebagai penambar skala sedang dan pengikat benda dengan sifat permanen. Bahkan saat ini seiring perkembangan, tali jenis ini juga di fungsikan sebagai dekorasi pada bidang perkapalan.

Meski dinilai unggul karena memang tahan saat bersentuhan dengan air laut dan cocok dipakai di industri perkapalan, namun tali ini memiliiki kekurangan. Apa saja kekurangannya, berikut ini beberapa kekurangan yang bisa Anda ketahui.

4 Kekurangan Tali Manila

Saat disimpulkan dari sejumlah pemakai tali manila selama ini, jenis tali ini memiliki beberapa sisi kekurangan. Sejumlah kekurangannya diantaranya:

  • Memiliki sifat lemah ketika mendapatkan interaksi air dalam jangka waktu lama. Jadi sangatlah tidak disarankan menggunakan jenis tali ini di dunia perkapalan yang sering bersentuhan dengan air laut. Meskipun tahan tetapi jika digunakan secara terus-menerus membuat tali akan cepat rusak karena kontaminasi langsung dengan air laut.
  • Nilai breaking load yang sangat kecil dan tidak dapat dipakai untuk kapasitas pengaplikasian besar. Apabila dipaksakan sebagai tali penambat, penarik ataupun pemancang benda dalam kapasitas besar akan cepat putus.
  • Salah satu jenis tali tambang yang tidak tahan terkena interaksi bahan kimia. Beberapa pengaplikasian memang seringkali bersentuhan dengan sejumlah bahan kimia. Jadi lebih aman jika dihindari dalam industri yang lebih banyak menggunakan bahan kimia.
  • Sangat tidak kuat terpapar sinar ultraviolet. Karena memang terbuat dari serat alami yang membuat tali akan semakin meregang dan cepat pecah ketika ditempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari secara terus-menerus.

Itulah sejumlah kekurangan tali manila yang bisa menjadi gambaran kepada Anda yang ingin memakainya. Meski memiliki sejumlah kekurangan namun jika dipakai secara benar sesuai penggunaannya jenis tali ini dinilai kuat dan berfungsi maksimal. Semoga bermanfaat!